Indonesia Kadaluarsa

0
462
Indonesia Kadaluarsa

Masih ingat pelajaran geografi waktu sekolah? Terutama bagian-bagian yang harus kita “hapal mati”. Nama-nama menteri, nama-nama propinsi, letak geografis Indonesia diantara negara lain, de-el-el? Demi lulus ujian, info itu pun engkau hapal kan?

Sekarang kita belajar geografi umum Indonesia lagi yuk. Lewat sumber yang harusnya paling shahih sejagat raya karena berasal dari sumber yang punya otoritas tertinggi untuk mendefinisikan geografi Indonesia: situs milik pemerintah kita–yang entahlah engkau masih mau cinta padanya atau tidak–www.indonesia.go.id.

Website yang menjudulkan dirinya sebagai Portal Nasional ini dikelola oleh Kementerian Sekretariat Negara yang tugasnya memang bukan hanya mengurusi website negara. Tetapi berhubung lembaga yang melayani presiden & wapres ini punya strategi menyediakan dukungan informasi, maka kebenaran informasi di website www.indonesia.go.id adalah tanggung jawabnya.

Silakan baca tentang geografi Indonesia menurut Portal Nasional disini. Beberapa informasi sudah kadaluarsa. Padahal banyak anak-anak sekolah yang minta bantuan google untuk mengerjakan pe-er mereka dan mesin pencari kerap menunjuk www.indonesia.go.id untuk informasi penting seperti itu.

Yuk kita lihat beberapa, kalau ada yang mau melengkapi, silakan ya…

  •  Letaknya diantara dua benua dan dua samudra, maka Indonesia disebut sebagai Nusantara (Kepulauan Antara) –> KKBI mendefinisikan nusantara bukan begitu. Pengertian Nusantara di wikipedia juga tidak begitu.
  • Indonesia terdiri dari 17.508 pulau –> Padahal pemerintah sendiri (melalui Badan Informasi Geospasial) sudah bilang bukan segitu, melainkan 13.466. Malah, Kemenkokesra bikin rilis resmi untuk mengoreksi jumlah pulau ini.
  • Populasi Indonesia tahun 2006 222 juta jiwa –> Padahal mudah kan update yang 2013, lagian sejak 2009 sudah ganti rezim.
  • Indonesia menyatakan kemerdekaan setelah PD II. Selanjutnya tantangannya adalah bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi, dan perubahan ekonomi yang pesat –> Cepat amat akselerasi sejarahnya.
  • Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politik paling dominan –-> Bahwa Suku Jawa etnis terbesar, okelah. Tapi kalau menyatakan paling dominan, apa maksudnya itu? Barangkali ini sekaligus jadi pembenaran kalau presiden harus dari etnis Jawa?
  • Luas Total : 1.904.569 km2 –> Padahal itu cuma luas daratan saja.
  • Air (%) : 4,85% –> Ini tidak jelas air apa maksudnya. Kalau laut jelas keliru karena luas laut Indonesia jauh lebih besar dari luas darat. Luas laut Indonesia: (6.279.000 km2).
  • Jumlah penduduk 206 juta (pakai sensus tahun 2000) dan memperkirakan tahun 2009 menjadi 230 juta –> Sekarang kan sudah 2013.
  • PDB  pakai data 2007 –> Katanya bangga dengan pertumbuhan ekonomi yang 6 persenan, kok ga update.

Kesimpulannya, sejak SBY menjadi presiden untuk kedua kalinya, informasi ini tidak pernah diupdate dan tidak dikoreksi. Kalah ah sama wikipedia.

Konten lengkapnya bisa lihat disini Portal Nasional RI – Geografi Indonesia, disave pada tanggal 16 Desember 2013.

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaObrolan di Surga
Berita berikutnyaTiba-tiba

LEAVE A REPLY